8 Ciri Ciri Kista Ovarium yang Harus Diketahui Wanita

Ciri Ciri Kista Ovarium sangat penting dipahami bagi ibu-ibu, para wanita dewasa maupun remaja. Sebab persoalan kista ini ini terkait langsung dengan kesehatan organ reproduksi wanita. Kesehatan organ ini juga berpengaruh besar pada rasa nyaman kaum wanita di rutinitas bulanan wanita seperti haid dan keseimbangan hormon kewanitaan.

ciri ciri kista
ciri ciri kista

Untuk mengetahui apa itu Ciri Ciri Kista Ovarium, kita bahas dulu sekilas tentang apa itu kista ovarium. Menurut keterangan medis, kista ovarium adalah semacam tumor yang jinak, dimana berupa daging yang dalamnya terdapat cairan, tumbuh dan bisa terus membesar di ovarium. Ovarium adalah temapt dimana sel telur dapat dibuahi. Akibat tumbuhnya daging berisi cairan ini, maka dalam ovarium akan membesar kista yang dapat menyebabkan wanita mengalami persoalan kemandulan.

Oleh sebab itu setiap kista harus disembuhkan, agar organ reporduksi pada wanita kembali berjalan dengan baik. Sebab saat kista tumbuh dan berkembang pada ovarium, hal ini juga sangat menyiksa pada wanita. Rasa sakit tersebut muncul terutama pada saat haid, yakni ditandai dengan rasa nyeri yang berlebihan pada saat datang bulan. Nah dengan demikian, anda memang harus benar-benar mengenal tentang ciri ciri kista dengan baik. Dengan mengetahui ciri ciri kista, anda akan bisa memperkirakan langkah langkah prefentif yang harus anda lakukan.

Memang banyak banget sih orang yang mengalami kista, namun ditemukan setelah kistanya membesar dan sudah susah diobati. Maka dari itu, kenalilah ciri ciri kista sejak dini.

Ciri Ciri Kista Ovarium Pada Wanita

Karena penyakit kista ovarium ada di dalam organ reproduksi wanita, maka kita tidak dapat melihatnya secara langsung. Karena itu banyak wanita terlambat mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit kista ovarium. Hal ini yang harus diwaspadai oleh para ibu-ibu, wanita dewasa ataupun wanita remaja. Oleh sebab itu penting kiranya kaum wanita mengetahui apa saja ciri-ciri kista ovarium.

  1. Mentruasi Tidak Teratur atau Berubah-rubah. Lakukan pemeriksaan pada kondisi kesehatan organ reproduksi Anda segera jika mengalami ketidakteraturan dating bulan.
  2. Rasa Sakit atau Nyeri di Tulang Panggul Sebelum dan Setelah Haid. Jika pertama kali mengalami ini, lebih baik segera memeriksakan diri. Sebab lebih baik mencegah daripada mengobati kista pada saat kista telah mengalami pembesaran. Gejala sakit ini bisa terjadi pada ibu dewasa, wanita muda atau bahkan remaja.
  3. Nyeri atau Sakit di Tulang Panggul Pada Saat Berhubungan Seks. Sebagai suami, jika pasangan Anda mengeluhkan rasa sakit saat berhubungan seks, maka alangkah lebih baik Anda juga memahami ini sebagai ciri dari potensi kista. Lakukan dialog dengan komunikasi yang baik kepada istri Anda.
  4. Terlalu Sering Buang Air Kecil. Tidak selalu sering buang air kecil adalah gejala atau ciri-ciri kista. Untuk memastikannya alangkah lebih baik Anda melakukan pemeriksaan.
  5. Proses Pencernaan Tidak Lancar dan Kesulitan Buang Air Besar. Sulit buang air besar bisa jadi disebabkan oleh kurangnya makanan berserat pada tubuh Anda. Akan tetapi jika kesulitan buang air besar Anda dibareni dengan ciri-ciri kista yang lain, maka segeralah lakukan pemeriksaan pada dokter.
  6. Perut Seperti Terasa Kembung. Ini bisa disebabkan karena pertumbuhan kista. Untuk memastikannya lakukanlah pemeriksaan.
  7. Lebih Cepat Kenyang. Tumbuhnya kista yang semakin membesar membuat keberadaan kista mempersempit organ pencernaan dan lambung. Hal ini membuat wanita mudah sekali kenyang walau baru saja makan sedikit.
  8. Limbung atau Pusing. Akibat dari terganggunya system pencernaa, maka ciri ciri kista yang dapat kita temukan adalah limbung dan tak bergairah disertai kepala pusing.

Demikian ciri-ciri kista yang perlu Anda waspadai. Sebelum memutuskan bahwa Anda menderita kista atau tidak, maka lakukanlah pemeriksaan. Hal itu lebih baik agar anda dapat memutuskan yang terbaik bagi tubuh Anda. Boyke Dian Nugroho Merekomendasikan KAPSUL LADYFEM untuk mengobati kista dengan cara herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *