Apa Gejala Penyakit Kista Ovarium?

Mengenali Apa Gejala Penyakit Kista Ovarium adalah bagian penting dari kehidupan wanita. Sebab dari pengetahuan yang cukup mengenai Apa Gejala Penyakit Kista Ovarium maka sangat membantu wanita mawas diri dan menjaga kesehatan sebaik mungkin agar organ reproduksi wanita sehat dan memberikan pengaruh kesehatan yang baik pula pad seluruh tubuh.

Kista ovarium memang merupakan penyakit yang mengintai perempuan. Sudah pasti tidak ada seorang perempuan pun yang ingin dihinggapi kista, terlebih di ovariumnya. Sebab keberadaan kista pada ovarium akan sangat mengganggu pada keinginan wanita pada kesehatan organ reproduksi. Jika dibiarkan, maka keberadaan wanita sebagi perantara penerus manusia juga akan mengalami persoalan, yakni ketiadaan punya keturunan. Hal ini juga sangat mengganggu keharmonisan sebuah biduk rumah tangga.

Lalu, Apa Gejala Penyakit Kista Ovarium?

Apa Gejala Penyakit Kista Ovarium
Apa Gejala Penyakit Kista Ovarium

Kista sebenarnya tidak mempunyai gejala spesifik, sebab pada saat kista tumbuh masih kecil sering tidak terasa apa-apa. Keberadaannya mungkin sedikit memberikan pengaruh pada nyeri haid atau ketidakteraturan haid. Hal inilah yang membuat seorang wanita sering tidak menyadari bahkan meremhkan persoalan nyeri haid ini dan dianggap sebagai rasa sakit yang rutin menyambangi tiap bulan.

Karena itu mengetahui tentang apa gejala penyakit kista ovarium biasanya secara spesifik menunjukkan kejelasannya saat kista telah tumbuh lebih besar. Magforwoman dalams ebuah paper kesehatan kista ovarium merilis, saat kista ovarium sudah membesar, maka salah satu gejalanya yang sudah pasti adalah sering buang air kecil. Hal ini terjadi dikarenakan kista telah membesar dan keberadaannya membuat kandung kemih tertekan, sehingga mengurangi kapasitasnya.

Lalu Apa Gejala penyakit kista ovarium? Menurut Magforwoman gejala penyakit kista ovarium adalah nyeri panggul selama dan setelah menstruasi. Nyeri juga bisa dirasakan saat berhubungan intim. Selain itu perut terasa begah seperti kekenyangan atau masuk angina sehingga muncul rasa mual dan ingin muntah, meskipun tidak selalu mengakibatkan muntah betulan.

Apa Gejala Penyakit Kista Ovarium #Lakukan Pemeriksaan USG

Langkah penting menangani gejala penyakit kista ovarium adalah melakukan USG. Terkadang kista diketahui hanya pada saat seorang perempuan sering merasa sakit ketika menggerakkan perutnya, lalu melakukan USG. Hal ini terjadi akibat adanya robekan kista, tegangan, atau perdarahan ke dalam kistanya sendiri.
Tidak semua kista memang memberikan gejala dini. Sebagai contoh nyeri haid merupakan gejala dini untuk penyakit kista endometriosis. Sementara tidak semua kista lainnya memberikan gejala dari awal. Sehingga memang sering diketahuinya ada penyakit kista dating terlambat, yakni pada saat kista telah tumbuh berkembang. Jika terjadi pembesaran yang cepat, ditandai dengan perut membesar dan berat badan yang menurun, maka ada potensi penyakit kista tersebut adalah kista ganas.

Apa Gejala Penyakit Kista Ovarium #Kenali Mioma dan Polip, Gejala Penyakit yang Mirip Kista

Bedanya dengan kista, mioma dan polip tumbuh daging padat. Sementara kista tumbuh daging yang didalamnya berupa cairan. Biasanya mioma tumbuh di mukosa sehingga banyak penderita mioma mengalami pendarahan hingga anemia. Kika mioma terdapat di mukosa, maka harus diangkat bersama dengan rahimnya. Karena itu pasien dengan mioma jika sudah diangkat rahimnya maka tidak akan mengalami haid dan tidak bisa hamil.

Berbeda dengan mioma, polip lebih “aman” dan memungkinkan pasien penyakit polip masih dapat mengalami kehamilan. Sebab polip adalah tumor yang bertangkai. Jika di dalam kandungan ada polip endometrium (leher Rahim), maka bisa jadi tangkainya di leher rahim, lalu tumornya di mulut rahim. Keluhannya biasanya ditandai dengan gejala gangguan haid. Tumor ini bisa diangkat atau dibersihkan tanpa mengangkat Rahim. Semoga paparan Apa Gejala Penyakit Kista Ovarium ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *