Berikut Cara Mengenali Kista Ovarium dengan Mudah

Berikut Cara Mengenali Kista Ovarium dengan Mudah. Setiap wanita disarankan untuk mengetahui cara mengenali kista ovarium. Sebab kista ovarium merupakan suatu penyakit yang sering terjadi dan hanya dapat terjadi pada seorang wanita. Penyakit kista ovarium cukup banyak penderitanya. Namun tidak perlu khawatir jika Anda sebagai wanita mau membaca dan belajar untuk memahami apa itu Kista Ovarium. Selain pemahaman yang baik, tindakan yang tepat dan berani untuk menyembuhkan diri secara baik juga menjadi bagian penting mental yang ada pada setiap wanita.

Sebab pada dasarnya penyakit kista ovarium dapat dilakukan dengan berbagai macam jenis pengobatan. Secara medis dapat dilakukan operasi pengangkatatan kista dengan cara yang telah terbukti aman dan tidak ada resiko buruk pada ksehatan. Disisi lain kini juga telah tersedia pengobatan herbal yang tidak perlu melakukan tindak operasi. Semua tergantung dengan kenyamanan dan keberanian wanita dalam menangani dengan betul kista ovarium.

Cara Mengenali Kista Ovarium #Pengertian Tentang Kista Ovarium

cara mengenali kista ovarium
cara mengenali kista ovarium

Kista ovarium merupakan kantung kecil yang tumbuh dan berisi cairan. Benjolan berisi cairan ini berkembang pada ovarium wanita. Kebanyakan dan pada umumnya kista tidak berbahaya. Namun begitu sangat mengganggu keberadaan ovarium, tempat dimana indung telur dan proses kehamilan berjalan. Akan tetapi kista menjadi sangat menyakitkan jika mengalami pecah di dalam, pendarahan, atau sakit dan pembedahan.

Ovarium adalah tempat produksi sel telur. Telur-telur tersebut tertutup dalam kantong disebut folikel. Telur tumbuh didalam ovarium sampai estrogen (hormon), sinyal rahim untuk mempersiapkan diri untuk telur. Pada gilirannya, lapisan rahim mulai menebal dan mempersiapkan untuk implantasi telur yang dibuahi menghasilkan kehamilan. Siklus ini terjadi setiap bulan dan biasanya berakhir ketika telur tidak dibuahi. Semua isi rahim kemudian dikeluarkan jika telur tidak dibuahi  dan hal ini disebut periode menstruasi.

Nah, kista ovarium adalah benjolan daging yang tumbuh di temapt produksi sel telur tersebut. Jika melakukan USG, maka bentuk kista ovarium menyerupai gelembung. Kista hanya berisi cairan dan dikelilingi oleh dinding yang sangat tipis. Ada berbagai jenis kista. Kista yang tidak berbahaya kadang tumbuh dan kadang pula menipis dan menghilang.

Secara medis, kista sederhana ini disebut kista fungsional, atau kista sederhana. Jika folikel gagal untuk pecah dan melepaskan sel telur, cairan tetap dan dapat membentuk kista di ovarium. Hal ini biasanya mempengaruhi salah satu indung telur. Kista kecil (lebih kecil dari satu setengah inci) dapat hadir dalam ovarium normal sementara folikel sedang terbentuk. Kista ovarium mempengaruhi perempuan dari segala usia. Sebagian besar kista ovarium dianggap fungsional (atau fisiologis). Hal ini berarti mereka terjadi secara normal dan bukan merupakan bagian dari proses penyakit.

Cara Mengenali Kista Ovarium #Kista Bisa Tumor atau Kanker

Jika kista sederhana dapat tumbuh dan hilang sendiri sebagaimana siklus mentruasi pada proses alami pemebrsihan ovarium, maka ada pula kista yang terus mengalami pertumbuhan dan semakin membesar. Jika mengalami kista yang demikian, maka sudah pasti harus dilakukan penanganan. Kista ovarium tumor bisa jadi memang lebih jinak, dan dapat sembuh dengan dilakukan operasi pengangkatan kista atau melakukan terapi meminum obat herbal. Akan tetapi jika yang kista ovarium yang tumbuh adalah jenis kanker, maka bisa jadi merupakan kanker ganas yang akarnya telah tumbuh dalam berbagai ruang. Karena itu jika wanita mengalami gejala-gejala Kista seperti tumbuhnya daging di ovarium, maka lakukan pemeriksaan medis dan penanganan yang tepat dengan banyak belajar tentang kista ovarium. Itulah sedikit cara mengenali kista ovarium, semoga bermanfaat. Oya Kami telah menuliskan Beragam cara mengobati kista ovarium. Silahkan dibaca ya.

2 Comments



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *