Inilah Gejala Dini Kista Ovarium, Wanita Wajib Tau

Gejala Dini Kista Ovarium. Seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya, gejala dini kista ovarium memang perlu diwaspadai dan dimengerti oleh setiap wanita. Mengapa demikian? Karena kista bisa menyerang siapapun juga. Tidak perduli tua, muda ataupun masih remaja. Semuanya memiliki peluang untuk menderita kista. Terlebih bagi anda yang telah memiliki keturunan riwayat kista, jadi harus berhati-hati. Besar kemungkinan anda terserang kista.

gejala dini kista ovarium 1Nah maka dari itu, anda memang harus benar-benar jeli untuk mengetahui gejala dini kista. So di bawah ini saya pertegas ulang beberapa gejala kista yang paling mudah diketahui. Anda tidak perlu ke dokter dahulu, karena anda bisa memberikan simpulan dengan beberapa gejala dini kista ovarium di bawah ini.

Sebenarnya saya juga sudah pernah menuliskan terkait dengan obat herbal terapi kista rekomnedasi Boyke. Jika anda telah positif menderita kista, anda bisa konsumsi deh produk rekomendasi Boyke tersebut. Namanya adalah Ladyfem. Yes Ladyfem rekomendasi Boyke ini telah banyak dikonsumsi oleh penderita kista dan hasilnya Alhamdulillah. Silahkan lihat berbagai Testimoninya ya.

Gejala Dini Kista Ovarium secara umum ditandai dengan berbagai tanda-tanda sebagai berikut;

  1. Perut terasa penuh, berat, kembung. Sepintas ciri ini seperti orang terkena masuk angina. Namun yang membedakan adalah masuk angina lekas sembuh jika dilakukan penanganan kecil seperti menggosok, memberi balsam atau minyak kayu putih dan sebagainya.
  2. Tekanan pada dubur dan kandungan kemih (sulit buang air kecil). Tekanan ini dirasakan seperti mudah merasa cepat buang air kecil, baik di saat dingin ataupun cuaca normal.
  3. Haid tidak teratur. Haid tidak teratur jangan diremehkan. Jika ketidakteraturan hiad terus berlanjut, segera lakukan pemeriksaan atau setidaknya memberikan terapi hidup sehat.
  4. Nyeri panggul yang menetap atau kambuhan yang dapat menyebar ke panggung bawah dan paha
  5. Nyeri senggama, atau rasa sakit pada saat hubungan intim.
  6. Mual, ingin muntah, atau pengerasan payudara mirip seperti pada saat hamil

Lima Gejala Dini Kista yang Wajib Segera Anda Lakukan Pemeriksaan

  1. Nyeri perut yang tajam dan tiba-tiba
  2. Nyeri bersamaan dengan demam
  3. Rasa ingin muntah
  4. Nyeri Haid
  5. Haid Tidak teratur

Mengapa Terjadi Gejala Dini Kista Ovarium di Atas?

Secara umum Ovarium sebagian besar berbentuk tumor kistik yang sifatnya jinak (kista ovarium). Sebagian lain berbentuk tumor padat. Kebanyakan wanita dengan kanker ovarium tidak menimbulkan gejala dalam waktu yang lama. Bila gejala umumnya sangat bervariasi dan tidak spesifik pada stadium awal dapat berupa ganguan haid. Jika tumor sudah semakin besar dan menekan rectum atau kandung kemih mungkin terjadi konstipasi atau sering berkemih. Karena itu gejala yang sifatnya sudah mulai akut adalah rasa penuh pada perut, mudah merasa ingin kencing atau nyeri pada saat berhubungan intim (senggama).

Karena itu alangkah lebih baik mendeteksi keberadaan kista ovarium sedini mungkin, yakni pada saat gejala haid tidak teratur. Sebab nyeri haid juga menyebabkan peregangan atau penekanan daerah panggul yang menyebabkan nyeri spontan atau nyeri pada saat bersenggama. Kedua gejala ini bisa jadi bebarengan atau sendiri-sendiri.

Ternyata Kista Ovarium Kanker Lebih Ganas

gejala dini kista ovariumSementara itu pada stadium lanjut gejala kista ovarium lanjutan adalah terkait erat dengan adanya asites (penimbunan cairan dalam rongga perut), penyebaran ke omentum (lemak perut), dan juga penyebaran ke organ-organ didalam rongga perut lainya seperti usus-usus dan hati. Hal ini ditandai dengan indikasi seperti perut membuncit, kembung, mual, gangguan nafsu makan, gangguan buang air besar dan buang air kecil.

Cairan juga bisa menyebar dan mengalami penumpukan pada rongga dada akibat penyebaran penyakit ke rongga dada yang mengakibatkan penderita sangat merasa sesak nafas. Karena itu lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendeteksi keberadaan gejala-gejala kista ovarium tersebut disebabkan oleh kista yang bersifat jinak (tumor) atau ganas (kanker).

Sebagian dari Gejala Dini Kista ovarium kanker yang ganas ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut;

  1. Kista cepat sekali menjadi besar
  2. Kista bisa terjadi pada usia remaja ataupun juga pada orang pasca menopause
  3. Kista dengan dinding yang tebal dan tidak berurutan
  4. Kista dengan bagian padat
  5. Kista dan Tumor pada ovarium sekaligus

Jika ditemukan segala sifat kista seperti tersebut diatas, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar dapat dilakukan diagnosis yang benar dan tepat, tidaksemata menduga-duga. Lakukan tindakan USG dengan Doppler untuk menentukan arus darah. Pemeriksaan ini sebagai landasan untuk menentukan sejauh mana kista telah berkembang. Semoga Artikel Gejala Dini Kista Ovarium ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *