Perhatikan Hal Ini Sebelum Pijat Refleksi Tips dan Cara Pijat Refleksi Berikut Akan Mampu Menuntun Anda

Perhatikan Hal Ini Sebelum Pijat Refleksi. Bagi anda yang baru saja mempelajari ilmu pijat refleksi secara teori dan ingin mencobanya langsung pada rekan anda yang bersedia untuk menjadi pasien pertama anda, maka sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.Pijat refleksi payudara

  1. Pastikan anda sudah memahami ilmu dasar tentang anatomi bentuk tubuh manusia dan sudah hafal titik-titik refleksi diseluruh tubuh manusak.
  2. Pada saat memijat dianjurkan untuk menggunakan minyak urut untuk menghindari lecet pada permukaan kulit.
  3. Jangan lakukan pemijatan setiap hari pada satu pasien yang sama karena dapat merusak titik saraf. Idealnya jarak antara pemijatan adalah 2-3 hari.
  4. Jangan terlalu lama memijat di satu titik saraf yang sama. Jika kondisi pasien normal maka lakukan pemijatan selama 5 menit saja. Jika penyakitnya parah maka durasi pemijatan yang bisa dilakukan pada titik yang sama adalah 10 menit.
  5. Kurangi tenaga jika mendapati pasien mengalami kesakitan.
  6. Hindari melakukan pemijatan pada pasien yang memiliki kondisi sedang menderita penyakit menular yang bisa menular melalui kontak fisik dan saat pasien menderita luka luar.
  7. Proses penyembuhan pada setiap pasien berbeda-beda. Ada yang cukup melakukan dua kali pemijatan sudah sembuh, ada juga yang harus berkali-kali. Tapi biasanya semakin berat penyakit yang diderita maka akan semakin sering dilakukan pemijatan.
  8. Jangan lakukan pemijatan di satu titik yang sama lebih dari 10 menit. Hal ini akan membuat saraf rusak dan menimbulkan masalah baru.
  9. Untuk pasien yang memiliki penyakit lever dan kencing manis maka hanya boleh dipijat selama 2 menit untuk satu titik refleksi dan dengan pemijatan yang tidak terlalu keras.
  10. Jangan makan satu jam sebelum dipijat.
  11. Usai dipijat maka dianjurkan untuk meminum 2-3 gelas air putih sekaligus untuk mengeluarkan toksin. Bagi penderita gagal ginjal maka jangan lebih dari 1 gelas.
  12. Bagi yang memijat, jangan memijat saat kondisi badan anda sedang sakit karena memijat membutuhkan tenaga yang banyak.

Baca: Cara Terapi Pijat Refleksi Pelancar Peredaran Darah

Reaksi Sesudah Dipijat

Perhatikan beberapa reaksi yang muncul usai pemijatan yang berbeda tergantung penyakitnya. Misalnya pada penderita sakit ginjal, usai dipijat biasanya pasien akan mengeluarkan air seni berwarna merah atau cokelat dan ini merupakan gejala yang normal. Reaksi lain adalah rasa sakit pada pinggang dan punggung setelah hari keempat. Ini menandakan peredaran mulai normal karena sudah mampu melewati penyumbatan yang ada.

Baca: Cara Tepat Pijat Payudara untuk Mengencangkan Payudara

Suhu badan juga akan naik. Kadang timbul luka atau borok pada paha pasien. Ini merupakan reaksi tubuh dalam mengeluarkan racun saat tidak mampu mengeluarkan racun secara normal.

Reaksi lainnya adalah adanya penonjolan pada urat darah sebagai tanda peredaran darah sudah semakin lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *