Pingin Beha Anda Tetap Enak Dipakai, Begini Caranya Cara merawat beha (Bra)

Bagi wanita, pakaian yang perlu dijaga kebersihan dan kehigienisannya adalah celana dalam dan beha alias kutang heheh. Sama seperti celana dalam, beha juga akan menjadi sumber bakteri dan penyakit apabila dibanjiri keringat. Jadi penggunaannya harus benar-benar dijaga. Anda harus mengganti beha atau bra secara rutin. So jangan sekali-kali tidak berganti beha secara berhari-hari ya. Bisa berabe lho nantinya.

Baca: Payudara Kencang dan Sehat, Begini Rahasianya

Namun saya hendak bercerita tentang tata cara agar beha anda tidak cepat rusak alias molor kayak gombal amoh ya. Heheh. Wah jadi tidak sedap dipandang dong nanti payudara anda yang indah itu. Memang sih kadang orang melihat bungkusnya. Walaupun dalamnya ya cuman begitu-begitu saja.

Cara Merawat Beha agar Bertahan Lama

Agar beha anda tetap dalam kondisi apik dan indah untuk mewadahi payudara yang indah itu, anda memang tidak dianjurkan untuk sering mencucinya. Memang sih ini tidak mengajari untuk berperilaku tidak sehat. Cumin yang pingin saya sampaikan adalah, jangan mencuci beha anda setiap hari itu saja. Kenapa demikian, karena mencuci beha setiap hari akan mengurangi daya elastisnya. Terlebih jika anda mencucinya menggunakan mesin cuci. Owh now. Beha anda pasti akan tidak berumur panjang. Beha akan melar kemana-mana dan tidak berfungsi secara prima lho.

Baca: Tips dan Cara Merawat Payudara Cantik dan Indah Alami

cara mencuci behaNah sebenarnya kapan anda bisa mencuci beha. Anda bisa mencuci beha setelah pemakaian 1 atau dua hari. Tergantung dari kebersihan dan keringat yang menempel di sana. Tapi syaratnya anda bisa mengucek sendiri menggunakan tangan. Capek ya mencuci dengan tangan? Tapi ini bisa menjadikan beha anda tetap awet dan tidak melar lho.

Sebaiknya anda tidak mencuci beha anda dengan deterjen karena ini tidak bagus buat keberlangsungan beha anda. So sebenarnya sederhana saja. Pada saat madi, silahkan sekalian kucek itu beha menggunakan tangan dan sabun mandi atau sampoo. Dengan demikian, beha anda bisa lebih wangi dan harum lho.

Setelah dicuci, jangan lupa dibilas dengan air bersih dan diperas. Setelah anda peras, tidak perlu anda masukkan ke dalam mesin cuci untuk dikeringkan. Kibas-kibaskan saja itu beha. Setelah itu, bisa dijemur di tempat yang tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung. Dengan demikian, beha anda akan tetap tahan lama dan anda tetap pede menggunakan beha setiap hari.

Baca: Beragam Bentuk Payudara, Punyamu yang Mana?

Cara cuci bra dengan tangan

  1. Isi wastafel bersih atau ember cuci dengan air secukupnya untuk merendam keseluruhan bra.
  2. Tuangkan satu sendok teh deterjen lembut. Aduk untuk melarutkannya.
  3. Masukkan bra hingga semua bagiannya berada di bawah permukaan air. Hindari menekan kapnya. Posisi kap terbuka ke atas lebih baik daripada telungkup. Biarkan selama 10-15 menit.
  4. Guncang-guncang perlahan beha di dalam air untuk menyingkirkan kotoran yang sudah terlepas, lalu angkat.
  5. Bilas BH di bawah aliran air keran.

Baca: Payudara Wanita: Fakta Yang Wajib Diketahui

Cara mencuci bra yang benar memakai mesin cuci

  1. Pasang semua pengait tali beha agar tidak membelit cucian lain di dalam mesin cuci.
  2. Masukkan bra ke dalam kantong cuci bra. Perlengkapan ini berupa wadah berpenutup dan berbahan jaring untuk membantu menjaga bentuk kap beha. Jika Anda mencuci lebih dari satu bra, tumpuk bra sesuai bentuknya untuk menghemat ruang di dalam kantong cuci bra dan mencegah kap menjadi penyok.
  3. Masukkan kantong cuci tersebut ke dalam mesin cuci. Anda bisa mencucinya terpisah atau bersama cucian-cucian ringan lain, misalnya celana dalam, sapu tangan, dan kaus kaki.
  4. Tambahkan deterjen sesuai muatan mesin cuci. Kalau Anda hanya mencuci bra tanpa cucian lain, Anda cukup memakai sekitar satu sendok teh deterjen. Sesuaikan takaran ini jika mesin cuci berisi lebih banyak cucian.
  5. Jalankan mesin cuci pada siklus cuci handwash atau delicate (biasanya bertanda gambar baju bayi) memakai air bersuhu biasa.

Bila memang tidak terpaksa, saya sarankan anda mencuci bra dengan menggunakan tangan saja. Dijamin beha anda akan tambah awet dan tetap lengket di payudara anda. Selamat mencoba yan kawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *