Tips Memulai Usaha, Kembangkan Modal Anda

Pengen mulai usaha? Eh ngga punya modal. Janganlah begitu kawan, coba simak cerita tentang temen saya yang diomelin oleh temennya sendiri gara-gara dia sering pake istilah ini: Ngga Punya Modal. Itu yang sering dia ucapkan, atau bahkan mungkin dia pikirkan dari waktu ke waktu.

Sebenarnya memang ngga begitu sih, sebab sangat jelas terlihat kok modalnya ada banyak sekali untuk memulai usaha tersebut. Orangnya tersebut memiliki waktu luang yang tidak sedikit, dia juga memiliki tenaga, modal dengkul pun ada, temennya banyak, saya rasa dia juga dapat dipercaya kok (ngga suka menipu), selain itu dia juga sebenarnya punya semangat yang besar, ditambah lagi dia termasuk sering dan bersyukur. Lantas yang tampaknya belum banyak dia miliki adalah ini: UANG, haha…

Mari kita lihat lagi deh ya. Modal yang saya tulis tadi kan tidak sedikit bentuknya, ada modal kredibilitas, ada modal dengkul, ada modal semangat, ada modal kerja keras, tak terkecuali modal pandai iklan, ada modal banyak teman, modal mudah bersyukur, modal jeli melihat kesempatan, dan lain sebagainya. Yang rupanya UANG kan hanyalah satu saya cantumkan di bagian akhir.

Sungguh deh kita semua sudah memiliki banyak sekali modal. Masalahnya adalah mengapa kita menggapnya tidak? Kayaknya kita kurang mengingat akan apa yang sesungguhnya sudah dikaruniakan untuk kita. Saya minta maaf ni misalnya kedengarannya nampak bagai ceramah agama ya, tetapi memang jelas misalnya kalo dalam agama yang saya anut bahwa setiap nikmat yang kita peroleh dan kita syukuri maka kenikmatan tersebut akan ditambah. Saya juga yakin banget jika diantara rejeki tersebut diantaranya berupa modal selain uang seperti saya tulis di bagian atas tadi.

Jelas deh yang perlu kita lakukan mulai hari ini dan seterusnya adalah banyak-banyak bersyukur deh, sehingga modal lain yang telah diberikan pada kita yang banyak tadi pun pada akhirnya akan diikuti oleh modal uang juga. Seandainya kita gunakan modal-modal yang selain uang maka modal yang berupa uang pun akan menjadi semakin mudah kita peroleh.

Bagaimana pendapat Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *