Kenapa Susah Buang Air Kecil Ya?

Apa jadinya jika tiba-tiba saja anda mengalami susah buang air kecil? Tentu anda akan kebingungan juga bukan? Susah buang air kecil ini dalam istilah jawa disebut “anyang-anyangen”. Adalah suatu gejala yang menjadikan kita sangat kesulitan kencing. Seolah kita mengalami kebelet pipis yang amat sangat, namun pada saat di kamar mandi yang keluar hanya beberapa tetes saja. Ini memang biasa sekali terjadi baik pada perempuan ataupun laki-laki. Nah, kondisi seperti ini memang harus diwaspadai ya para pembaca. Karena jika berlebihan atau terlalu lama akan berdampak pada infeksi dan komplikasi pada sistim organ yang ada di tubuh kita.

Ada beberapa penyebab utama yang bisa menjadikan anda susah buang air kecil, diantaranya adalah:

  1. Efek samping obat kimia. Pemakaian obat kimia dalam jangka panjang memang tidak bak bagi kesehatan. Terlebih adalah obat flu, dekongestan, obat anti depresi, antikolinergik dan alergi. Beberapa obat ini memang berdampaknegatif terhadap kandung kemih.
  2. Habis Operasi. Operasi meman tidak sepenuhnya mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Memang jika tidak tuntas dalam operasi akan mampu berdampak pada adanya penyakit baru atau ketidak berfungsian organ baru. Terlebih jika anda operasi pada organ yang dekat dengan ginjal, kandung kemih, dan saluran kencing, besar kemungkinan anda akan kesulitan atau susah buang air kecil. Hal ini dikarenakan obat bius yang berdampak pada organ intim anda sehingga anda susah buang air kecil.
  3. Infeksi saluran kencing. Infeksi ini biasa terjadi pada wanita. Pada wanita susah buang air kecil seringkali disebabkan karena adanya infeksi saluran kencing.
  4. Ketidakberfungsian Sistem syaraf. Kondisi sistem syaraf manusia memang mampu memberikan sinyal terhadap keberfungsian organ tubuh. Apa jadinya jika sistem syaraf ada yang konslet? Pastinya akan ada satu atau beberapa organ yang tidak berfungsi secara maksimal bukan?Nah jika ketidak berfungsian sistem syaraf memang bisa jadi banyak faktor penyebabnya. Bisa saja karena kecelakaan, stroke, diabetes, infeksi otak, selesai melahirkan dan banyak hal lagi yang lainnya.
  5. Pembengkakan prostat. Kelenjar prostat mengalami pembekakan seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan seseorang. Usia yang semakin tua fungsi prostat semakin berkurang dan berdampak pada pembengkakan prostat. Kondisi prostat yang bengkak ini kemudian akan menekan saluran kencing. Nah akibatnya yaitu air kencing tidak bisa keluar dengan lancar. Atau bisa jadi air kencing bisa keluar namun membutuhkan waktu yang agak lama.
  6. Suasana psikologis. Ternyata memang tidak semata-mata suasana fisik yang bisa menyebabkan orang susah buang air kecil, kondisi psikologis juga sedikit ada efeknya lho. Adalah Parauresis, yaitu sebuah keadaan orang mengalami susah buang air kecil karena ketidaknyamanan. Misalnya adalah berada di tempat terbuka, ada orang lain di sekitarnya atau merasa jijik dengan kamar mandi dan sebab lainnya yang berkaitan dengan psikologis.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Kecil

Susah buang air kecil
Susah buang air kecil

Apabila anda mengalami kelainan ini, jangan khawatir karena anda sangat bisa mengobatinya dengan cepat dengan beberapa teknik di bawah ini.

  1. Anda bisa memijat wilayah kandung kemih anda sendiri bukan. Lakukan ini secara mandiri dan perkirakan sendiri kekuatan memijatnya ya. Jangan terlalu keras karena anda akan kesakitan. Tujuan pemijatan ini adalah dalam memaksimalkan kekosongan air seni di dalam kandung kemih.
  2. Anda juga bisa mencari air hangat dimasukkan ke dalam botol atau plastic. Lalu tempelkan botol tersebut ke perut bagian bawah. Ini adalah cara relaksasi dan merangsang keberadaan syaraf yang tidak nyambung.
  3. Jika memang bisa dipastikan itu adalah anyang-anyangen maka anda bisa mencari karet ataupun lainnya untuk diikatkan di jempol kaki anda dalam 2 sd 3 menit. Maka bisa sangat cepat sembuhnya.
  4. Anda harus mendeteksi secara mandiri beberapa perubahan yang terjadi pada proses buang air kecil anda. Dengan demikian, anda akan mampu mengetahui perubahan yang terjadi di dalamnya.
  5. Perbanyaklah makan sayuran (sawi), sayur jagung muda, bawang mentah yang sudah dikupas, minum air rebusan air meniran. Minum air kelapa hijau. Cara diatas dapat menyembuhkan penyakit susah buang air kecil yang anada alami.
  6. Cara yang lain ambillah sesendok akar alang-alang yang sudah dilembutkan. Setelah rebuslah ramuan diatas dengan 2 gelas air bersamaan dengan berapa batang hang kwe. Kemudian biarkan airnya tinggal separuh, setelah itu air tersebut disaring lalu diminum.

Jika anda belum juga mengalami kesembuhan setelah mencoba mempraktikkan cara di atas, silahkan segera menghubungi dokter terdekat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *